Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Guru Penggerak

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 Guru Penggerak

Hai, saya Ares Brilatin, CGP Angkatan 9 dari Kota Yogyakarta. Kali ini saya kana berbagi tulisan terkait tugas pada Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3.

Tujuan Pembelajaran Khusus:

Calon Guru Penggerak nantinya bisa mengembangkan ide dalam ruang kolaborasi menjadi prakarsa perubahan lewat perencanaan program/kegiatan. Yakni dengan menggunakan model manajemen perubahan BAGJA.

Dasar Filosofi Ki Hajar Dewantara

Dasar filosofi KHD merupakan landasan pendidikan yang bertujuan menuntun siswa menjadi insan berdaya guna di masyarakat. Filosofi KHD mengartikan pendidikan sebagai tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat, menyadarkan kami para pendidik bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka salah satu kunci untuk mewujudkannya yaitu melalui pendidikan. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih, wadah bertumbuh kembangnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.

Poin atau Komponen Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan

Program BANG TAMIJO (Bintang Perpustakaan SDN Bumijo). Program ini sebagai ajang mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa. Siswa bisa mengajak orang lain untuk giat berliterasi. Melalui program ini, siswa belajar mandiri mulai dari pemilihan bahan bacaan hingga mandiri membuat kegiatan-kegiatan literasi.

Program BANG TAMIJO menjadi sarana mengembangkan kemampuan bersosial dan berkolaborasi secara gotong royong. Seorang Bintang perpustakaan akan bekerjasama dengan kader-kader di setiap kelas untuk menggiatkan literasi.

Program BANG TAMIJO mampu menumbuhkembangkan kemampuan bernalar kritis siswa. Mereka dituntut untuk mampu kritis dalam memahami isi bacaan yang dipilih, berpikiran terbuka dalam menanggapi pendapat orang lain secara kritis dan logis. Guru berperan sebagai pengontrol dan fasilitator untuk siswa dalam mengembangkan cara berpikir yang sistematik terbuka dan kritis.

Melalu program BANG TAMIJO, siswa mampu mengembangkan kreativitas siswa. Salah satu kegiatan dalam program BANG TAMIJO adalah kegiatan ruang literasi. Siswa mengisi kegiatan ruang literasi dengan cara memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna dan berdampak.

Karakteristik Lingkungan Pendidikan Tumbuhnya Kepemimpinan Murid yang Akan Dikembangkan

Mengembangkan keterampilan mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk giat berliterasi

Perumusan Strategi Pelaksanaan Program

Menerapkan pendekatan Inkuiri Apresiatif atau IA lewat BAGJA

BAGJA merupakan singkatan dari lima tahapan kunci dalam metode inkuiri apresiatif pada program guru penggerak, yakni mencakup langkah-langkah berikut beserta tujuannya :

1. Membuat Pertanyaan

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

Strategi Suara/ Voice

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

Modal manusia yang terdiri atas murid-murid, rekan guru, dan kepala sekolah

e. Waktu / Penanggungjawab

Sosialisasi dilakukan sejak awal semester kepada seluruh warga sekolah melalui pengumuman Sosialisasi melibatkan komite, pengawas sekolah, dan pihak terkait melalui rapat. Setiap perwakilan kelas tampil menceritakan isi buku di depan seluruh siswa setiap akhir semester. Melalui kolaborasi bersama komite, dilakukan penilaian kepada peserta Ajang Bintang Perpustakaan. Pemenang Ajang Bintang Perpustakaan Sekolah diberikan apresiasi berupa piala bergilir dan menjadi duta Bintang Perpustakaan selama 1 semester. Setiap siswa terlibat dalam menggiatkan literasi melalui kegiatan ruang literasi yang disusun secara terjadwal oleh Bintang Perpustakaan dan kader. Jadwal tampil di ruang literasi adalah setiap hari Senin usai upacara bendera.

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

d. Aset/Kekuatan Sumber Daya

e. Waktu / Penanggungjawab

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

Modal manusia yang terdiri atas siswa, petugas perpustakaan, serta rekan guru.

e. Waktu / Penanggungjawab

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

d. Asset/Kekuatan Sumber Daya

e. Waktu / Penanggungjawab

c. Rencana Pelibatan Murid (Voice, Choice, Ownership)

d. Aset/Kekuatan Sumber Daya

e. Waktu / Penanggungjawab

Itulah demonstrasi kontekstual modul 3.3 yang saya susun mengenai contoh Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid di SD Negeri Bumijo Yogyakarta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Lihat Pendidikan Selengkapnya

DEMONSTRASI Lorina Silvi Mandela KONTEKSTUAL CGP Angkatan 5 MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYAPERKENALKAN!Jihad Wafdal Qahhar Lorina Silvi Mandela, Mayasari Athari, S.Pd., Al-Masyhida S.Pd M.Pd FASILITATOR CGP Angkatan 5 PENGAJAR PRAKTIKTUJUAN1.CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.2.CGP dapat mengidentifikasi kegiatan- kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.3.CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.4.CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.APA VISI DARI SEKOLAH TEMPAT GURU DALAM VIDEO TERSEBUT MENGABDIVISI "Mewujudkan lingkungan belajarSEKOLAH yang menyenangkan, serta meningkatkan peserta didik untuk kolaboratif, mandiri, bernalar Kritis, dan kreatif menuju karakter Profil Pelajar Pancasila".APA PRAKARSA PERUBAHAN YANGAKAN DILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGAN VIDEOPRAKARSAPERUBAHAN "Mewujudkan lingkungan belajar yang nyaman, menyenangkan, sertamenjadi penyemangat dalam belajar".APA PERTANYAAN UTAMA DARIKEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGAN VIDEO TERSEBUTPERTANYAAN UTAMA Bagaimana cara mewujudkan01 lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkanKEGIATAN/TINDAKAN APA YANGDILAKUKAN OLEH GURU DALAM TAYANGANVIDEO YANG MENGGAMBARKAN TAHAPANBUAT PERTANYAAN UTAMATindakan: Guru membuat perencanaan pembelajaran. Guru berkomunikasi, kolaborasi dengan berbagai unsur disekolah terkait pentingnya melakukan perubahan dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.AMBIL PELAJARANTindakan: Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid. Mencari contoh nyata dan informasi yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini dilakukan dengan cara murid berkunjung ke kelas 2 dan kelas 6 sehingga murid dapat menemukan hal yang ia sukai untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat.GALI MIMPITindakan: Guru meminta murid membayangkan kelas yang nyaman, menyenangkan, serta menjadi penyemangat dalam belajar. Guru memfasilitasi murid untuk membuat gambaran kelas impian secara berkelompok. Guru meminta murid untuk mempresentasikan gambar kelas impian di depan kelas.JABARKAN RENCANATindakan: Guru mengajak murid untuk berkontribusi menentukan kebutuhan dengan menanyakan hal apa saja yang harus dilakukan dalam mewujudkan kelas impian.ATUR EKSEKUSITindakan: Murid diberi kontribusi untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok. Membuat agenda terkait pelaksanaan tugas dalam mewujudkan kelas impian. Murid melaksanakan tugasnya.APA PERAN PEMIMPIN YANGTERGAMBAR DALAM TAYANGAN VIDEOPERAN PEMIMPIN DALAM VIDEO TERSEBUT :01. Guru berperan sebagai manajer, dalam hal ini guru mampu mengelola kondisi kelas dari02. kegiatan awal sampai akhir pembelajaran, dan03. membantu siswa untuk mewujudkan kelas impiannya. Guru sebagai pemegang kendali dan mampu memberikan keputusan yang bijak pada saat pembelajaran. Guru memiliki nilai dan peran yang mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, serta berpihak pada murid.APA SAJA MODAL UTAMA YANG DIMANFAATKAN OLEH PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAN TAYANGAN VIDEO? LALU BAGAIMANA PEMANFATAANNYAModal Yang Dimanfaatkan Modal Manusia Modal Fisik Modal Lingkungan / Alam Modal Finansial Guru dan siswa Ruangan kelas dan Pemanfaatan Membeli yang inovatif, sarpras yang dapat bahan alam yang kebutuhan ATK kolaboratif, digunakan untuk untuk menghiasamandiri, berpikir bisa dijadikan kritis dalam mewujudkan hiasan dinding kelas dengan mewujudkan lingkungan belajar menggunakanlingkungan belajar yang nyaman dan kelas. uang anggaran yang aman dan menyenangkan. menyenangkan dari kas.Modal Yang Dimanfaatkan Modal sosial Modal Politik Modal Agama / Budaya Guru dan muridBerkolaborasi Kepala sekolah, guru, memiliki spiritualdengan rekan murid, dan orangtua yang baik, dan sejawat, siswa yang sikap saling murid, dan mendukung setiap menghargai satuguru kelas 2 & program yang sama lain. 6. dilakukan oleh setiap guru dalam melakukan sebuah perubahan.TERIMAKASIH SALAM & BAHAGIA

The words you are searching are inside this book. To get more targeted content, please make full-text search by clicking

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 PDF

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 3.2 SUSI ALIPAH, S.Pd CGP ANGKATAN 7

MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

Konten baru

4D Amerika

4D Amerika

Belanja di App banyak untungnya:

Bpd Adalah

Bpd Adalah

Gangguan ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan kualitas hidup, Salah satunya dalam menjalin hubungan dalam keluarga, teman, dan lingkungan pekerjaan. Gangguan ini umumnya muncul pada periode menjelas usia dewasa. Dengan penanganan berupa psikoterapi dan pemberian obat, borderline personality disorder dapat diatasi seiring dengan bertambahnya usia.

Fantasio

Fantasio

Bách khoa toàn thư mở Wikipedia

Dan Uggla

Dan Uggla

Anda bisa mengelola sampah dengan prisnsip 3R. (Reuse Reduce Recycle) Setiap Hari. Pengelolaan sampah dengan sistem 3R bisa dicoba oleh setiap orang dan kapan saja. Sebab menangani sampah dengan prinsip 3R hanya membutuhkan meluangkan waktu dan kepedulian akan timbulnya penyakit dari sampah.

Gg Dewa

Gg Dewa

Wir verwenden Cookies und Daten, um

Akuadr

Akuadr

Temukan berbagai rekomendasi produk Slot Pintu Besi dengan harga terbaru Desember 2024 di UKUR. Belanja online kebutuhan bangunan terbaik paling praktis. Cukup telusuri produk Slot Pintu Besi, pilih model, ukuran, maupun ragam varian lainnya yang sesuai kebutuhan. Pastikan membaca detail dan ulasan terpercaya dari pembeli lainnya. Check Out barang belanjaan anda dan jangan lupa nikmati promo menguntungkan yang tersedia di UKUR!

Rumah May

Rumah May

Kali ini mencoba mengulas tentang album Iwan Fals bersama teman teman KPJ dengan ketuanya yaitu Anto Baret. Album ini dirilis pada penghujung tahun 1985 setelah album Ethiopia. Walaupun sebenarnya sudah banyak yang membahas album ini, setidaknya adkin membahas dari sudut berbeda agar semarak. Nuansa musik balada dengan corak country sangat terasa, kehidupan 'grass root' masyarakat kecil menjadi fokus utama, potret tentang jalanan, perjuangan pengamen, tentang polusi, kegamangan pemuda, cerita cinta kaum jelata, juga cerita pilu keresahan seorang istri yang bersuami seorang bromocorah (penjahat, preman atau orang yang berprofesi di dunia hitam, dan saat itu tengah hangat hangatnya pemerintah membasmi para bromocorah), cinta anak muda yang resah menatap hari depan karena ketidak pastian hidup, penari jalanan yang digilas modernitas dan banyak lagi lainnya.

Rumahweb

Rumahweb

Sign up and get $200 in credit for your first 60 days with DigitalOcean.*

Situs Hl8

Situs Hl8

Nếu quý khách cần hướng dẫn kỹ thuật hoặc hỗ trợ trực tuyến bằng phương thức trò chuyện hoặc chat trực tuyến, quý khách có thể liên hệ trực tiếp bằng cách bấm vào cửa sổ chat hoặc trò chuyện trực tuyến trên trang web của chúng tôi hoặc trên ứng dụng W88top Mobile.

Slot Merah

Slot Merah

Belanja di App banyak untungnya:

Putra Go

Putra Go

Offenbar hast du diese Funktion zu schnell genutzt. Du wurdest vorübergehend von der Nutzung dieser Funktion blockiert.

Tembak Ikqn

Tembak Ikqn

Masih memainkan mesin slot tradisional? Bosan dengan kota video game? "Fortune Shooting Fish" jelas merupakan pilihan terbaik Anda! Koin emas gratis nyata, penembakan ikan gila! Mesin pancing skala besar terkuat ada di atas panggung dengan sempurna, tidak perlu pergi ke ruang permainan mulai sekarang!Permainan "Fortune Shooting Fish" tidak hanya memiliki gambar yang indah, efek khusus yang keren, dan benteng yang indah, tetapi juga menambahkan mode plot konfrontasi antara mitos Timur dan Barat berdasarkan arcade tradisional menembak ikan. Ada juga metode menembak ikan arcade yang ditransplantasikan dengan sempurna: Fortune Fish, Thor Crab, Ninja Master, Bomb Flying Fish, dll. Lebih banyak aktivitas kumpulan hadiah, kompetisi, dan hadiah papan peringkat yang kaya menanti Anda! Selain itu, adegan permainan menembak kaya, termasuk: penembakan ikan klasik, kuil energi hegemoni Changshuang dan banyak permainan lainnya, setiap permainan menembak dicocokkan dengan gameplay yang unik dan hadiah khusus.Datanglah ke "Fortune Shooting Fish", biarkan Anda mengalami permainan menembak ikan paling klasik dan mengasyikkan, dan nikmati sensasi tak terbatas menjadi kaya dalam semalam!===================================Fitur Permainan】Game menembak ikan arcade klasik, 4 orang di panggung yang sama, kompetisi nyata!Layar game 3D ekstrim definisi tinggi, keterampilan yang lebih cemerlang, efek khusus yang lebih mengejutkan.Dapatkan siput emas gratis setiap hari, dan banyak hadiah menunggu Anda untuk ditukarkan!Gameplaynya beragam, dengan hadiah seribu kali lipat, sepuluh ribu kali tingkat senjata, dan gameplaynya tidak sama untuk setiap game!Desa Nelayan Pemula: Buka lotre untuk kupon panggilan, dan undian untuk bonus ikan!Pelabuhan Pemula: Tugas pertumbuhan pemula untuk membantu Anda menjadi penembak ikan di sepanjang jalan!Teluk Menengah: Super BOSS dan ikan acara meriah akan datang, Anda bisa mendapatkan alat peraga ekstra meriah!Laut Dalam Tingkat Lanjut: Saat Raja Naga diserang, hulu ledaknya akan meledak, dan hadiahnya sangat besar!Laut dalam yang tak berujung: tempat berkumpulnya para dewa laut, tantang berbagai dewa laut, dan dapatkan harta para dewa laut!Kuil Energi: Tukarkan energi khusus untuk hulu ledak super, hingga 10 juta koin emas menunggu Anda!Hegemoni Chang Shuang: Dengan ambang batas yang sangat rendah, Anda dapat berpartisipasi dalam peringkat kompetitif dan memenangkan hadiah utama!Zijin Slug: Memancing dan menjatuhkan harta untuk mengebom Zijin slug, hadiah gratis dari pemain!Persahabatan Tim: Undang teman, jadikan nelayan, dan tembak ikan dengan gembira bersama!Kompetisi Menembak Ikan: Kompetisi tantangan nasional, dan kompetisi ini akan memenangkan banyak hadiah.Acara Meriah: Berpartisipasi dalam misi menembak ikan, yang diatur ulang setiap minggu.===================================【hubungi kami】Untuk umpan balik masalah, silakan hubungi: [email protected] atau [Umpan Balik Layanan Pelanggan] di dalam game

Situs N

Situs N

Richard telah bekerja terus menerus di arena urusan UE sejak 1984. Dia adalah pemimpin Pemerintah & Layanan Publik untuk Deloitte di seluruh EMEA dari 2012-2019 (bisnis dengan 6.000 orang dengan pendapatan tahunan $1+ miliar – Layanan Pemerintah & Publik adalah perusahaan yang tercepat -sektor yang tumbuh, di depan Layanan Keuangan, Digital & Teknologi, Ilmu Hayati & Kesehatan, Energi, dan industri Manufaktur).

Sepatu Nb

Sepatu Nb

Maaf, barangnya tidak ketemu

Ruko Baru

Ruko Baru

Tanpa minimum Rp 100,000,000Rp 300,000,000Rp 500,000,000Rp 700,000,000Rp 1,000,000,000Rp 2,000,000,000Rp 3,000,000,000Rp 4,000,000,000Rp 5,000,000,000Rp 10,000,000,000Rp 30,000,000,000Rp 50,000,000,000Rp 100,000,000,000

Marga Rp

Marga Rp

From Wikipedia, the free encyclopedia

Mujur 8

Mujur 8

Wir verwenden Cookies und Daten, um

Bintang 6

Bintang 6

Maaf, barangnya tidak ketemu

Jamblang

Jamblang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewa Nama

Dewa Nama

Yunani dan Romawi merupakan dua peradaban yang sulit dipisahkan. Keduanya memiliki kisah yang tumpang tindih dan saling berhubungan. Begitu pula dengan mitologinya. Ternyata, masyarakat Romawi Kuno banyak mengadaptasi kisah dewa-dewi Yunani ke dalam mitologi setempat.